Mitra Kantor

3 Hal Berbahaya Di Kantor Yang Tidak Kita Sadari

Di Amerika, standar-standar kesehatan di perkantoran sudah banyak menjadi pertimbangan oleh institusi-institusi terkait. Apabila dibandingkan dengan kondisi di kota-kota besar Indonesia, tampaknya hal ini masih jauh sekali di masa depan.

Pernahkah anda merasa tiba-tiba kepala anda pusing? Atau mual padahal sudah makan? Mungkin penyebabnya salah satu dari 3 hal dibawah ini yang umum terjadi di perkantoran, namun nenurut penelitian, berbahaya bagi kesehatan para karyawan.

Sirkulasi Udara Tidak Lancar

Pernahkan anda berpikir kenapa jendela-jendela di gedung perkantoran susah atau sama sekali tidak dapat dibuka? Kemungkinan besar jawaban anda adalah untuk menjaga suhu ruangan karena menggunakan Air Conditioner (AC). Jawaban anda memang tidak salah, tetapi sebuah penelitian di US, menyebutkan bahwasanya udara di dalam ruangan lebih kotor daripada udara di luar, karena polutan berkumpul tidak terbuang melalui jendela-jendela yang terbuka.

Tidak percaya? Oke, silahkan anda menengadah ke atap ruangan anda, cari posisi ventilasi udara, berdebu kah seperti kipas angin di rumah yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama? Yup, seperti itulah gambarannya.

Polusi Dari Peralatan Kantor

Pernah mencium bau yang ditimbulkan oleh mesin fotokopi di kantor anda? Itu ozone. Jangan dihirup terlalu lama karena berbahaya bagi tubuh kita. Meskipun semua produsen fotokopi menyadari hal ini, dan telah membuat filter di dalam mesin fotokopi, tetapi kapan terakhir kali mesin fotokopi di kantor anda di servis untuk penggantian filter tersebut? Jadi berhati-hatilah. Zat beracun sedang meracuni anda semua yang berada satu ruangan yang sama dengan mesin fotokopi tersebut.

Selain mesin fotokopi, printer laser juga sama, dapat mengeluarkan polutan ozone keruangan anda, tetapi ini bukanlah masalah utama. Zat-zat yang sangat kecil yang berasal dari toner printer, dapat terbang bebas, dan karena ukurang yang sangat kecil, anda dapat menghirupnya tanpa sadar, dan masuk ke bagian terdalam di paru-paru anda, dan dapat memperbesar kemungkinan anda terkena kanker paru-paru atau serangan jantung. Seram ya?

Pencahayaan Yang Berlebihan

Pernahkah anda mengalami kejadian ketika anda masuk ke dalam suatu ruangan/tempat perbelanjaan kemudian mata anda terasa perih dan anda mengedipkan mata beberapa kali untuk menyesuaikan cahaya yang masuk ke mata yang dikarenakan lampu-lampu di dalam ruangan tersebut jauh lebih menyilaukan daripada cahaya matahari di tempat terbuka? Hal ini disebut over-illumination.

Apabila anda bekerja seharian dengan menatap layar komputer, besar kemungkinan ketika anda berada di rumah, anda akan sering merasakan kepala pusing atau perasaan tidak menyenangkan lainnya. Bisa jadi ini dikarenakan tubuh anda bereaksi terhadap over-illumination atau pencahayaan yang berlebihan.

Menurut sebuah penelitian, tubuh kita sudah dirancang untuk peka terhadap sinar matahari. Jadi ketika tubuh kita disinari oleh cahaya yang lebih terang daripada sinar matahari, tubuh kita kebingungan untuk meresponnya, respon yang sama ketika kita berada di ruangan yang sangat gelap. Dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat mengacaukan jam tubuh kita dan berbagai penyakit lainnya.

Demikianlah tiga hal berbahaya yang terjadi di kantor kita, namun kita tidak menyadarinya. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat memberi masukan ke atasan anda, untuk mengurangi efek-efek tidak sehat tersebut.

 

Exit mobile version